Tips Memilih Web Hosting
Tips Memilih Web Hosting

Tips Memilih Web Hosting

Domain dan web hosting terbaik 2015
Agar situs kita punya alamat dan rumah sendiri, nama domain dan server untuk hosting kita perlu untuk menyewanya.  Usahakan cari yang praktis, layanan yang menyediakan paket penyewaan nama domain sekaligus web hosting.

Tips Memilih Web hosting.

1. Dapat Diandalkan

Web server  yang sudah disewa harus selalu dapat diakses dengan kecepatan yang baik.  Waktu berfungsinya (uptime) juga harus terjamin.  Minimal 99,5% waktu dalam satu tahun web server harus dapat diakses

2. Kuota transfer data

Kuota transfer data atau sering disebut juga dengan traffic atau bandwidth adalah jumlah byte yang ditransfer dari situs web ke orang mengunjungi situs web.  browser (IE, Opera, Firefox, Chrome dll) milik pengunjung akan mengunduh beberapa file milik situs web.  Jumlah data yang ditransfer dari web server ke komputer pengunjungi biasanya dibatasi oleh pemilik hosting.  sebagai contoh sebuah layanan memberikan kuota 1 GB per bulan, semakin banyak pengunjung ke situs web, maka semakin cepat pula kuota 1 GB untuk habis.  Kalu dalam 1 bulan, data yang ditransfer lebuh dari 1 GB, setiap MB lebihnya akan dikenai biaya.

3. Ruang

Situs web dibangun dari berbagai file.  Ukuran totalnya bisa bervariasi, tergantung elemen pembngunan (Gambar, teks, animasi dan elemen lainnya).  Perhatikan jumlah ruang yang disewakan dan bandingkan dengan besaran harganya.

4. Dukungan teknis.

Dukungan teknis ini sangat penting dalam menyewa domain dan hosting, jangan sampai kita menganggap remeh.  Suatu ketika, kalau terjadi sesuatu pada web server, yaaaa petugas dukungan teknis ini yang bisa dihubungi.  amat baik kalau pertugas dukungan teknis ini siap sedia membantu 24 jam sehari., 7 hari seminggu.

5. Instalasi feature tambahan

Beberapa pemberi layanan web hosting tidak membolehkan penginstalan PHP, Skrip CGI tanpa izin.  kalau situs web yang hendak di-host di situ membutuhkan PHP, skrip CGI, httaccess, telnet, akses SSH dan sebagainya maka beberapa waktu dibutuhkan sebelum situs web bisa di-host ke server.

6. E-mail

biasanya setiap layanan akan mengizinkan pembuatan email.  Perhatikan juga ada tidaknya layanan POP3 (supaya emai bisa ditarik memakai aplikasi email client seperti gmail notifier, outlook, thunderbird), respons otomatis dan forwarding.

7. Panel Kontrol

panel kontrol merupakan tempat untuk mengontrol situs web, seperti menambah dan menghapus file atau lamat email, serta mengubah password sebaiknay tersedia.  jangan sampai terjadi untuk menambah dan menghapus file saja harus melalui petugas.

8. Subdomain

Kalu situs akan memiliki subdomain, maka pastikan pemberi layanan web hosting memberikan fitur ini.  Contoh Subdomain pada situs okezone.com adalah laman bola.okezone.com

9. Server

Sistem operasi yang digunakan web server juga harus diperhatikan.  jika situs yang di-host dibangun menggunakan ASP, mau tak mau, maka web server harus menggunkan sistem operasi windows.  sedangkan pilihan yang lain adalah server yang menggunakan sistem operasi berbasis unix.

10. Layanan Cloud computing

Seiring dengan modernisasi di dunia internet kedudukan dan fungis Layanan cloud computing sangat vital. 

11. Harga

Harga dan layanan yang diberikan harus seimbang.  Baiknya, bandingkan dulu beberapa pemberi layanan sebelum memilih.

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
sekedartrick.com adalah blog sederhana yang berisi berita, info, pengetahuan seputar teknologi informasi.

You Might Also Like: