5G dan Progresif Web Apps Solusi App Gap Microsoft?
5G dan Progresif Web Apps Solusi App Gap Microsoft?

5G dan Progresif Web Apps Solusi App Gap Microsoft?

Ambisi Microsoft membuat Windows 10, untuk PC seluler dan perangkat seluler lipat yang potensial memiliki Achilles Heel yang tak terbantahkan. Tapi apakah mungkin app gap ada solusi kedepan?

Upaya komputasi personal Microsoft sering kali dipenuhi dengan kritik yang sah tentang celah aplikasinya (app gap).  Hal ini dikarenakan tidak memiliki dukungan pengembang yang penting bagi model aplikasi modern.
Foldable Surface

Model saat ini memiliki kekurangan. Seiring pertambahan app store, kemampuan untuk menemukan aplikasi menjadi semakin sulit. Selanjutnya, rata-rata pengguna hanya menggunakan enam aplikasi secara teratur, tidak sering menggunakan App Store dan jarang mendownload aplikasi baru. Sebenarnya, properti web lebih banyak terlibat daripada aplikasi.

Sebagai jaringan 5G, Progresif Web Apps (PWA) dan prosesor seperti Qualcomm Snapdragon 845 mulai berakar, beberapa tantangan model aplikasi saat ini (yang bermasalah untuk semua platform) akan dipecahkan.  Pergeseran ini menuju PWAs agnostic-platform dapat membantu Microsoft lolos dari keterbatasan aplikasi (app gap) yang membatasi batas model aplikasi saat ini.  Ini akan menjadi implementasi progresif jaringan 5G dan prosesor modern, pematangan PWA dan gelombang multi-generasi PC seluler dan perangkat mobile lipat yang dapat membantu Microsoft mengatasi kesenjangan aplikasi.

Apa Itu 5G?

Menurut CEO Qualcomm Steve Mollenkopf 5G bukan seperti langkah lanjutan dari 1G ke 4G, 5G adalah sebuah teknologi baru yang akan mengubah komputasi terhubung. Qualcomm akan memulai peluncuran 5G di tahun 2019.

5G akan menangani lalu lintas 1000 kali lebih banyak daripada jaringan saat ini, akan 10 kali lebih cepat dari 4G LTE dan memiliki latency setengah milidetik. 5G akan memungkinkan perangkat mobil otonom, mengamankan perawatan kesehatan jarak jauh, AR yang lebih dalam dan banyak lagi. Hal ini akan membuat akses aplikasi di web secepat memori di telepon Anda.

Selanjutnya, prosesor Qualcomm 845 Snapdragon akan "mengakses aplikasi di web secepat memori di ponsel Anda," kata Alex Katouzian SVP dari Qualcomm Semicon. Jika perangkat seluler lipat Microsoft diluncurkan pada akhir 2018, perangkat seluler tersebut akan dapat mengakses aplikasi web secepat aplikasi asli. Perangkat generasi pertama ini diposisikan untuk memanfaatkan teknologi PWA.

Apa itu PWAs?

PWAs kepanjangan dari Progresif Web Apps, yang bekerja dengan cara menggabungkan yang terbaik dari web dan aplikasi terbaik." Pengguna tidak diharuskan menginstalnya, dan mereka menjadi lebih hebat saat pengguna menggunakannya. Google mempelopori penggunaan PWAs di Chrome dan browser Microsoft Edge juga akan mendukungnya.

PWA bekerja untuk pengguna manapun, pada faktor bentuk, offline atau jaringan latensi rendah, merasa seperti aplikasi, tetap terupdate, dapat ditemukan, dapat diinstal dan dapat dibagi melalui tautan. Karena pengguna seluler sering memiliki fitur web lebih dari sekadar aplikasi PWA lebih sesuai dengan perilaku manusia daripada aplikasi.

PWAs

Begini cara PWA dan 5G akan menguntungkan Microsoft. Chip Qualcomm 845 (dan yang lebih baru) dan jaringan latensi berkapasitas tinggi rendah membuat aplikasi web secepat aplikasi asli. Proyek Microsoft Westminster dapat membuat aplikasi PWA-UWP hybrid yang memungkinkan pemberitahuan, integrasi Cortana, Live Tiles, distribusi Windows Store dan banyak lagi. Pengembang mungkin memeluk PWA (yang bukan pembungkus web) karena mereka lebih mudah dibuat dan dapat menargetkan basis yang lebih luas.

PWAs Adalah Solusi App Gap Microsoft

Alih-alih tabrakan, "tapi tidak ada aplikasi" menanggapi komputasi pribadi dan mobile Microsoft, pengguna harus mempertimbangkan skenario berikut. Perangkat Surface Foldable yang diharapkan dirilis pada akhir 2018 akan menjadi produk aspirasi (bukan penyelamat) pertama, yang menciptakan kategori baru. Ini akan diluncurkan pada tahap awal PWA (kemungkinan ditenagai Snapdragon 845), di tengah PC konsumen, di tebing peluncuran 2019 5G. Mari pertimbangkan garis waktu yang mungkin.

Perangkat ini akan menjadi PC seluler seperti yang diluncurkan di ruang konsumen sekarang. Akan tetapi perbedaannya adalah Surface Foldable akan mudah dikantongi, terfokus pada perusahaan dan kemungkinan telepon-enabled.
  • Awal 2018 konsumen selanjutnya akan mulai terbiasa terbiasa dengan PC seluler dan teknologi eSIM yang selalu terhubung. eSIM memungkinkan pengguna untuk membeli data dari Windows Store dan memberi mereka kontrol yang lebih bernuansa operator.
  • Sepanjang 2018, konsumen akan menghadapi pengalaman PWA yang berkembang di Edge pada PC seluler (dan konteks lainnya). Pada Musim Gugur 2018, perangkat yang bisa dilipat Microsoft akan diluncurkan untuk perusahaan dan pengguna. Sekitar waktu itu menjadi 2019 PC seluler Generasi kedua akan memasuki ruang konsumen karena pengalaman PWA terus berlanjut.
  • Peluncuran 5G juga akan dimulai pada tahun 2019. PC pertama yang diproduksi oleh Microsoft dan PC akhir tahun 2019, Generasi kedua, dan beberapa PC seluler konsumen mungkin merasakan manfaat dari komputasi 5G Microsoft Edge dan PWA pada peluncuran 2019 yang terbatas.
  • Pada tahun 2020, OEM mungkin mulai membawa PC saku buatan Microsoft yang terinspirasi, telephony, ke konsumen karena 5G akan semakin luas, PWA lebih matang dan generasi ketiga PC seluler akan menjadikan PC seluler sebagai konsumen bagi konsumen.
    Surface Phone

Dengan pengalaman PWA yang matang, PC dengan pocket telephony (dimana data dan suara dapat dibeli dari Store) mungkin merupakan kategori konsumen yang menarik pada tahun 2020.

Ada banyak hambatan untuk bermain seperti yang dijelaskan. Cakupan terbatas 5G hanya satu. Namun, upaya Windows, seluler dan pocket PC Microsoft harus diperhatikan dalam konteks dampak teknologi industri berkembang: prosesor PWA, prosesor yang lebih baru dan jaringan 5G.


Konektivitas 5G berkapasitas tinggi, low-latency, prosesor yang memperlakukan aplikasi web sebagai aplikasi asli dan lingkungan PWA yang matang adalah faktor fundamental, platform agnostik, industri yang dapat membantu Microsoft memperbaiki kesenjangan aplikasi. (Windowscentral)

Semoga informasi tentang 5G dan Progresif Web Apps Solusi App Gap Microsoft? bermanfaat, jangan lupa tuis komentar anda.

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
sekedartrick.com adalah blog sederhana yang berisi berita, info, pengetahuan seputar teknologi informasi.

You Might Also Like: