Cara Masuk Ke Recovery Mode Pada Samsung Galaxy S9
Cara Masuk Ke Recovery Mode Pada Samsung Galaxy S9

Cara Masuk Ke Recovery Mode Pada Samsung Galaxy S9


Sekedartrick.com kali ini hadir dengan tutorial cara Masuk ke Recovery Mode pada Samsung Galaxy S9.  Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Samsung telah mengumumkan jadwal rilis jajaran smartphone andalan terbaru mereka yakni Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9+, berikut ini sekedartrick.com hadirkan panduan singkat namun terperinci tentang cara masuk ke Recovery mode Samsung Galaxy S9. Saat Samsung Galaxy S9 mulai masuk ke pengguna dan pengembang, banyak pengguna baru akan bertanya bagaimana cara masuk ke Recovery Mode, yang merupakan built-in, pada flagship baru? Tidak ada tombol navigasi fisik di bagian depan Samsung Galaxy S9 sehingga agak kesulitan untuk mengakses recovery mode, kita perlu memanfaatkan tombol samping. Selanjutnya, bahkan jika ponsel Anda baru, belajar bagaimana mengakses partisi Recovery bisa berguna nantinya, seperti saat Anda ingin reset perangkat atau ingin memperbarui pembaruan secara manual.

Samsung Galaxy S9

Begitu smartphone melintasi kerangka waktu tertentu, pengembang akan mulai membangun utilitas untuk perangkat tersebut, seperti TWRP Custom Recovery. Sampai saat itu, Anda tidak dapat bermain-main sebanyak mungkin dengan Stock recovery yang Anda bisa gunakan dengan Custom Recovery. Anda tidak dapat melakukan root ponsel atau ZIP Flash pihak ketiga. Namun, Anda masih bisa menghapus cache, flash package update dan bahkan factory reset ponsel Anda melalui Stock recovery. Bahkan setelah Anda menginstal Custom Recovery, proses mengaksesnya akan tetap sama. Mari kita lihat bagaimana Anda dapat mengakses Recovery Mode di Samsung Galaxy S9.

Beberapa Smartphone Android, seperti seri Sony Xperia tidak dibekali dengan Stock recovery, dan dalam kasus ini, kita harus segera install custom recovery ke smartphone tersebut dan kemudian memasukinya. Namun, Smartphone Android besutan Samsung memang hadir dengan Stock Recovery dan beberapa fungsi khusus Android yaitu menginstal Update perangkat lunak, melakukan Full hard reset dan lain-lain dapat dilakukan melalui Recovery Mode. Kapan pun Anda melakukannya, telepon pertama membawa Anda ke Stock Recovery Android dan kemudian melakukan fungsi spesifik itu.

Apa itu Recovery Mode?

Recovery adalah sesuatu yang dibangun secara native/asli ke dalam kode sumber Android. Hampir semua Smartphone dibuat dengan Stock Recovery dibuka dan terbuka untuk pengguna. Samsung dalam hal ini juga sangat terbuka. Anda dapat dengan mudah mengakses partisi Recovery dan tidak akan merusak pada garansi smartphone Anda.

Enter Recovery Mode Samsung Galaxy S9

Tujuan utama dari Recovery Mode adalah berorientasi pada pemeliharaan. Fungsi pertama yang bisa Anda manfaatkan adalah kemampuan untuk menerapkan update. Fitur yang sangat berguna begitu Samsung merilis firmware baru, itu didorong ke semua perangkat. Setelah diunduh, booting smartphone masuk  ke recovery dan flash update. Selain itu, jika Anda tidak mendapatkan update langsung dari Samsung, Anda bisa mendownload file update *.zip dari internet dan mengistall secara manual pada perangkat anda. Ini membantu saat Anda mengalami penundaan panjang dalam pembaruan.

Setelah itu, Anda akan melihat opsi menghapus data atau opsi Factory reset bersama dengan Delete cache. Ini digunakan saat Anda kekurangan ruang penyimpanan internal atau hanya ingin menyetel ulang perangkat Anda. Menghapus cache hanya akan menghapus file sementara saat menghapus data ulang seluruh perangkat tanpa meninggalkan data pengguna. Jika Anda menghadapi masalah Force Close atau lamban, dengan menggunakan cara ini pasti akan membantu.

Selain dari sisi manfaat, kita juga memberikan peringatan,  karena ini berkaitan dengan partisi penting yang memiliki kemampuan canggih jika tidak tersedia dalam Stock system, hal ini dapat menyebabkan masalah yang berkepanjangan. Jika Anda tidak yakin dengan apa yang Anda lakukan, jangan memilih atau menggunakan opsi apa pun. Namun, tindakan ini untuk mengurangi banyak kesalahan sedini mungkin. Pemeriksaan validasi digunakan sebelum Flash File sehingga masalah fatal dapat dihindari.

Recovery khusus dibangun berdasarkan Stock Firmware. Ini berarti semua fungsi Stock System akan tersedia. Perbedaannya adalah kemampuannya ditingkatkan. Custom Recovery yang populer seperti ClockWorkMod (CWM) atau TWRP (TeamWin Recovery Project) memberi Anda kemampuan untuk membuat backup system secara luas, memformat masing-masing partisi secara manual, memperbaiki perizinan dan banyak lagi. Bahkan jika Anda menginstal Recovery khusus, mengaksesnya akan tetap sama.  Untuk masuk Recovery Mode pada Samsung Galaxy S9 anda dapat menggunakan dua metode berikut ini:
  • Menggunakan tombol Hardware
  • Menggunakan ADB di Windows

Mari kita ikuti tutorialnya masing-masing cara tersebut

Cara 1 : Masuk ke Recovery Mode Samsung Galaxy S9 Menggunakan Tombol Hardware

  • Matikan Smartphone Samsung Galaxy S9 Anda.
  • Kemdudian tekan dan tahan tombol Tombol Power + Volume Up + Bixby selama beberapa detik, sekaligus.
  • Setelah beberapa detik, Anda akan melihat layar biru dengan bot logo Android dan pesan yang mengatakan, "Installing system update" (jangan khawatir, tidak ada yang terpasang).
  • Kemudian setelah sekitar 10 detik, layar biru lain akan muncul selama beberapa detik yang akan menampilkan logo '!' Yang besar dan pesan, "No command" seperti gambar di bawah ini.
  • Selanjutnya, Anda akan masuk menu Recovery Mode di Samsung Galaxy S9 Anda.
  • Sekarang Anda dapat menavigasi Recovery Mode menggunakan tombol volume dan pilih menggunakan tombol Power!

Cara 2 - Masuk Recovery Mode pada Samsung Galaxy S9 dengan ADB untuk Windows

  • Pastikan driver USB / driver ADB untuk Samsung Galaxy S9 telah diinstal dan ADB dikonfigurasi pada komputer Anda.
  • Hubungkan Samsung Galaxy S9 Anda ke PC, dengan menggunakan kabel USB dan Install driver ADB jika perlu.
  • Arahkan ke direktori android-sdk-windows \ platform-tools dan buka Command Prompt (dengan Shift + Klik kanan di manapun di folder>Open Command Prompt/powershell).
  • Ketik perintah berikut ini dan tekan Enter.

adb reboot recovery
  • Samsung Galaxy S9 Anda akan mati dan kemudian boot ke Recovery Mode. Arahkan ke atas dan ke bawah menggunakan tombol volume dan pilih dengan menggunakan tombol power.

Jika Anda memerlukan bantuan dan informasi terkait hal ini, silakan tulis komentar di bawah ini atau baca artikel lainnya terkait permasalahan smartphone anda di sekedartrick.com. semoga bermanfaat.

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
sekedartrick.com adalah blog sederhana yang berisi berita, info, pengetahuan seputar teknologi informasi.

You Might Also Like: