Cara Install TWRP Recovery dan Custom ROM Android
Cara Install TWRP Recovery dan Custom ROM Android

Cara Install TWRP Recovery dan Custom ROM Android

Sekedartrick.com kali ini akan menyajikan tutorial Cara Install Custom ROM Android menggunakan TWRP Recovery, Custom ROM Android adalah adalah file sistem firmware perangkat seperti ponsel/handphone atau tablet pc, yang berbasiskan operating sistem Android yang dimodifikasi serta dikustomisasi sesuai keinginan (Custom Developer), dengan mengubah firmware resmi-asli (Stock ROM) bawaan vendor perangkat tersebut. Tujuan pembuatan Custom ROM adalah untuk mengubah dan atau menambah fitur dari firmware perangkat Android sehingga mempunyai kemampuan, keandalan serta kinerja-performance melebihi dari apa yang sudah ditawarkan oleh firmware asli-nya.

Custom ROM

Pada dasarnya tidak ada perbedaan definisi antara Custom ROM dan ROM, perbedaan keduanya hanya terletak pada proses modifikasi dan hasil akhir yang didapatkan. Di mana Custom ROM merupakan hasil dari modifikasi pihak ketiga terhadap sistem file firmware perangkat tertentu dalam hal ini adalah Android atau disebut juga Android mod (Android modification)

Dengan kata lain Custom ROM adalah sebuah sistem operasi oprekan yang tidak terikat lagi ke vendor tertentu, melainkan sudah berdiri sendiri lengkap dengan kernel, service, driver, aplikasi dan sistem file pendukung lainnya sehingga dapat berjalan dalam perangkat.

Untuk melakukan Flashing ROM tidak terlalu sulit jika Anda mengikuti tutorial yang kami berikan di bawah ini. Perlu diingat bahwa jika anda akhirnya melakukan sesuatu dengan tidak benar saat melakukan Flashing ROM, Anda dapat mengambil risiko membuat telepon anda tidak bisa dioperasi. Ini dikenal sebagai bricking dan sangat jarang terjadi. Tapi tidak ada salahnya untuk tetap berhati-hati dalam melakukan flashing ROM Android.

Dengan menggunakan TWRP Recovery akan memungkinkan Anda untuk dapat melakukan unsigned flash menggunakan Zip fileFile .zip ini terdiri dari kernel, boot, recovery, MODs, atau Custom ROM khusus.


Cara Install TWRP Recovery Pada Redmi 4x

  • Pastikan Bootloader Smartphone Redmi 4x anda sudah terbuka
  • Pastikan Daya smartphone anda berkisa antara 70% - 80%
  • Hubungkan smartphone anda ke PC/Laptop dengan menggunakan kabel USB
  • Download TWRP Installer dan kemudian ekstrak pada PC anda
  • Matikan Perangkat anda dan boot perangkat anda ke dalam Bootloader Mode dengan cara menekan Tombol Power dan Volume Down secara bersama sama beberapa saat.
Kemudian jalankan twrp-instaker.bat sebagai administrator (klik kanan – Run as administrator), kemudian tekan enter atau sembarang tombol untuk melanjutkan instalasi TWR Recovery pada smartphone anda tunggu sampai selesai

  • Setelah instalasi TWRP Recovery selesai, smartphone akan secara otomatis booting ke Recovery Mode (TWRP Recovery selesai diinstall)
  • Selanjutnya anda dapat melakukan instalasi custom ROM pada smartphone anda.

Download TWRP Recovery 3.2.1 For Redmi 4x (santoni)


Cara Flash Custom ROM Pada Smartphone Android Menggunakan TWRP Recovery

  • Pertama, Anda perlu mendownload Custom ROM yang Diingkan kemudian copy ke penyimpanan internal smartphone Anda.
  • Selanjutnya boot perangkat Anda ke dalam mode pemulihan TWRP Recovery
  • Pilih opsi "Wipe" dari menu utama TWRP dan aktifkan "Swipe to Factory Reset" di bagian bawah layer, cara ini akan me-reset perangkat Anda. Jika Custom ROM Anda tidak memerlukan Factory Reset, Anda bisa melewati langkah ini.
  • Selanjutnya Kembali ke menu utama TWRP Recovery, kemudian tekan pada opsi "Install" dan pilih file .zip Custom ROM yang telah Anda transfer ke perangkat Anda sebelumnya (Langkah 1).
  • Setelah memilih file .zip,  aktifkan "Swipe to Confirm Flash" di bagian bawah layar untuk memulai proses instalasi Custom ROM. Bersabarlah dalam menunggu proses ini karena mungkin memakan waktu lama.
  • Setelah Flash Custom ROM berhasil, Anda akan melihat opsi "Wipe cache / Dalvik", pilih dan kemudian aktifkan "Swipe to wipe" dari bagian bawah layar.
  • Jika Salah satu tindakan di atas selesai, tekan tombol "Back" di layar dan kemudian pilih "Reboot System."
  • Instalasi Custom ROM dengan menggunakan TWRP Recovery selesai, dan smartphone anda sudah menggunakan Custom ROM yang anda inginkan.
Semoga tutorial tentang Cara Install TWRP Recovery dan Custom ROM Android Menggunakan TWRP bermanfaat, jangan lupa berikan komentar anda.

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
sekedartrick.com adalah blog sederhana yang berisi berita, info, pengetahuan seputar teknologi informasi.

You Might Also Like: