Breaking

Monday, February 5, 2018

Microsoft Ganti Windows 10 S Dengan S Mode Di Semua Windows 10

Belum lama diperkenalkan kepublik oleh Microsoft, varian Windows 10 S sudah dimatikan oleh Microsoft dan diganti dengan “S Mode” pada semua varian Windows 10.   Windows 10 S adalah varian Windows 10 yang disedain untuk pelajar guna bersaing dengan Chrome OS pada ranah Laptop kelas Value/Murah.

Windows 10 S Is Dead

Pada Windows 10 S terdapat batasan dalam menjalankan aplikasi, Windows 10 S hanya dapat menjalankan aplikasi UWP yang terdapat pada Microsoft Store saja, dengan menawarkan paket security ekstra yang diharapkan tetap bisa memenuhi kebutuhan umum pelajar untuk olah dokumen ringan, browsing, multimedia, dsb.

Apa Itu “S Mode” Windows 10?

S Mode pada Windows 10 akan menjadikan Windows 10 hanya dapat menjalankan aplikasi UWP yang terdapat pada Microsoft Store, S Mode pada Windows 10 akan tersedia untuk semua varian Windows 10 baik itu Windows 10 Home, Windows 10 Pro, Windows 10 Enterprise maupun Windows 10 Education.

S Mode pada Windows 10 dapat aktif secara default pada perangkat baru yang dibeli oleh pengguna, misalnya ada seorang yang membeli Laptop yang menggunakan Windows 10 Home/Pro dengan “S Mode”, maka pengguna tersebut hanya dapat menjalankan aplikasi UWP yang terdapat pada Microsoft Store dan tidak bisa melakukan intalasi aplikasi desktop win32 (*.exe). Namun jika pengguna ingin upgrade dari S Mode ke Full Version Windows 10, pengguna akan dikenakan biaya tambahan untuk license full dari Windows 10.

S Mode Windows 10 Tidak Mempengaruhi Pengguna dan Gamer

Bagi gamer, ini bukan perubahan yang perlu dikhawatirkan. Sebagian besar PC Game membangun PC mereka sendiri, yang berarti mereka juga membeli lisensi Windows mereka sendiri untuk menginstal pada custom build. Anda masih bisa membeli Windows 10 Pro tanpa batasan S, dan karena itu tidak akan memberikan pengaruh apa-apa. Microsoft juga tidak akan meluncurkan “S Mode” ke perangkat Windows 10 yang ada yang belum menjalankan Windows 10 S, jadi perangkat Windows 10 Home atau Windows 10 Pro yang ada akan terus beroperasi seperti biasa.

Perubahan ini hanya benar-benar mempengaruhi perangkat baru yang dikirimkan bersama Windows 10 ke depan. Dimulai dengan Redstone 4, OEM akan dapat memilih jika S Mode  diaktifkan untuk perangkat mereka. Tidak semua OEM akan menggunakan S Mode, dan kemungkinan besar akan tergantung pada spesifikasi perangkat OEM yang Anda beli. Sebagian besar perangkat low-end (Mudah) kemungkinan akan mengaktifkan “S Mode”, karena lebih murah untuk OEM dan juga membantu kinerja. Kemungkinan akan ada beberapa perangkat kelas atas yang menggunakan “S Mode”, kebanyakan OEM kemungkinan ingin tetap menggunakan Windows 10 Pro tanpa mode S yang diaktifkan secara default, setidaknya untuk saat ini.

Microsoft yang mengubah Windows 10 S menjadi mode tentu bukan akhir dari Windows 10 S sebagai sebuah ide. Microsoft melihat Windows 10 S sebagai masa depan Windows; OS yang efisien dan aman dengan performa dan daya tahan baterai yang baik. Namun, saya bertanya-tanya, apakah perubahan ini sedang dalam persiapan untuk versi Windows Core OS, atau versi Windows yang akan datang. Mungkin Microsoft menyediakan ruang untuk SKU Windows 10 S yang benar yang berjalan di atas OS Windows Core dan memperlancar OS lebih jauh lagi. ? Hanya waktu yang akan memberitahu.

Anda punya tanggapan dan komentar mengenai "S Mode" pada Windows 10 ini? tulis pada kolom komentar.