Cara Mempercepat Kinerja Windows 10
Cara Mempercepat Kinerja Windows 10

Cara Mempercepat Kinerja Windows 10


Windows 10 adalah sistem operasi milik raksasa software Microsoft terbaru, yang diklaim paling efisien dan futuristic, yang dikembangkan berdasarkan masukan-masukan dari para pengguna yang tergabung pada Windows Insider ProgramWindows 10 memiliki banyak feature yang sangat menarik, walaupun dengan feature baru tersebut membuat Windows 10 berjalan dengan menggunakan resource system yang besar. Sisi positifnya adalah iterasi terbaru dari Windows 10 memiliki beberapa fitur built-in yang sangat berguna untuk meningkatkan efisiensi secara keseluruhan.
Jika Anda merasakan kinerja komputer Anda telah melambat, ada sejumlah tips dan trick yang dapat anda gunakan untuk meningktakan kinerja computer Windows 10 anda, dalam hal ini sekedartrick.com akan memberikan panduan agar anda bisa mendapatkan kinerja terbaik dari computer anda.

Dalam panduan ini, kami akan memberikan sepuluh cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat kinerja Windows 10, termasuk didalamnya melakukan defrag, membersihkan program yang tidak diinginkan, menonaktifkan efek khusus yang berlebihan dan bahkan melakukan upgrade perangkat keras.

Restart PC Anda

Meskipun cara ini terlihat sebagai langkah yang jelas dapat dimengerti, perlu difahami juga bahwa banyak pengguna yang menjalankan mesin mereka selama berminggu-minggu pada suatu waktu.  Windows 10 memiliki konfigurasi yang secara otomatis pada mode sleep, tetapi setiap proses yang sebelumnya telah dimulai akan terus berlanjut. Hal ini dapat terakumulasi dari waktu ke waktu dan mengakibatkan perlambatan kinerja komputer Anda.

Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mematikan PC Anda setiap hari setelah Anda selesai menggunakannya, yaitu dengan mengklik tombol Windows dan memilih tombol "Power".  Pastikan untuk menutup semua program yang sedang berjalan dan menyimpan pekerjaan Anda sebelum Anda melakukannya.  Jika PC Anda melambat sampai Anda tidak dapat menampilkan menu Windows, tekan terus tombol Daya secara manual hingga komputer sepenuhnya dimatikan. Langkah ini bertujuan memberi jeda dan menghapus history proses dari Mode Sleep Windows 10

Update Terus Windows 10 Anda

Microsoft terus-menerus akan merilis Update untuk Windows 10, yang bertujuan untuk memperbaiki bug umum yang mengganggu kinerja sistem.  Lakukan update Windows 10 anda secara continue, update pada 10 ini berfunsgi sebagai penambal bug dan perbaikan feature yang ada, yang akan berpengaruh pada kinerja komputer Windows 10 anda.

Jika anda merasa kinerja computer anda melambat, anda dapat menggunakan Windows Update untuk mengatasi permasalah tersebut, untuk melakukannya silahkan buka Start Menu Windows 10 dan ketikan “Update” pada pencarian (Cortana) dan klik 'Check For Update” untuk mengakses Settings Menu Anda.

Jika Update utama tersedia, pastikan Anda menyimpan dan melakukan backup data pribadi Anda sebelum melanjutkan update. PC Anda mungkin perlu restart beberapa kali untuk menerapkan semua pembaruan yang tersedia. Jika sudah lama sejak Update terakhir Anda, pastikan untuk mengklik "Check For Update" lagi setelah melakukan Restart untuk memastikan tidak ada lagi update yang tersedia.

Periksa Startup

PC Windows 10 dapat mengalami Hang yang disebabkan karena banyaknya proses yang berjalan.  Hal ini sering terjadi karena banyaknya installer akan menginstruksikan Windows untuk menjalankan program pada start-up, yang memperlambat kecepatan sistem.

Untuk memeriksa startup pada Windows 10, anda dapat membuka Task Manager dengan cara menekan tombol Ctrl + Alt + Del, kemudian klik tab 'Startup'.  Perhatikan dengan cermat nilai 'Startup Impact' untuk setiap program, misalnya. 'High' karena ini adalah cara yang bagus untuk menemukan aplikasi yang cenderung memperlambat sistem Anda.  Untuk mencegah program dari berjalan pada saat login startup, klik kanan pada aplikasi tersebut kemudian pilih 'Disable'.

Lakukan Disk Cleanup

Disk Cleanup adalah Utility bawaan Windows 10 yang berfungsi untuk menghapus file sementara (temporary) yang terakumulasi di komputer Anda, seperti gambar mini, file program yang diunduh, dan halaman web offline.  Untuk membukanya Klik pada Cortana dan ketikan “Disk Cleanup”, ataupun juga anda dapat membuka melalui File Explorer kemudian klik kanan pada salah satu drive kemudian klik Properties dan pilih “Disk Cleanup”.  

Disk Clenup akan menawarkan Anda pilihan file untuk dihapus. Cukup tandai kotak atau centang pada check box di samping setiap opsi.  Klik “Clean up system Files” untuk memulai. Disk Cleanup akan menghitung jumlah ruang yang akan Anda dihemat.  Hal ini juga merupakan peluang bagus untuk menghapus file apa pun di hard drive Anda yang tidak lagi Anda perlukan. Selain itu dengan disk clenup anda juga dapat menghapus folder Windows Old.

Uninstall yang tidak digunakan

Banyak vendor PC yang memasang atau menginstall software pihak ketiga yang memiliki yang kapasitas besar dan yang kadang-kadang tidak diperlukan oleh computer atau disebut sebagai “Bloatware”.  Selain itu banyak pengguna komputer menginstal software untuk tujuan tertentu dan tidak pernah menggunakannya lagi, misalnya mendesain newsletter.

Program redundan tersebut memakan ruang hard drive Anda dan dapat mengurangi kinerja komputer. Untuk memeriksa dan menghapus instalasi aplikasi yang terinstall, buka menu Setting – Apps – Apps & Feature dan pilih aplikasi yang ingin dihapus instalasinya, dengan cara Klik kanan pada program yang tidak lagi Anda perlukan kemudian pilih "Uninstall". Windows 10 akan meminta izin untuk melakukan perubahan pada sistem Anda. Klik “Yes” untuk melanjutkan.

Nonaktifkan Fluent Design

Untuk mempercantik Windows 10, Microsoft memperkenal visual effect baru yang diberi nama Fluent Design.  Tentu dengan penanaman effect pada Windows 10 akan mempengaruhi kinerja Komputer, utamanya akan banyak memakan resource RAM.  Mengingat Effect fluent design tidak begitu dibutuhkan ada lebih baik anda matikan agar anda mendapatkan performa maksimal dari computer anda.

Untuk mematikan effect Fluent Design, Buka aplikasi Setting kemudian Buka Personalization> Color kemudian klik tombol menjadi Off pada "Transparency Effects".

Upgrade RAM Anda

Kecepatan keseluruhan PC Anda tergantung pada jumlah kapasitas memori (RAM) computer anda. Windows 10 membutuhkan minimal 4GB untuk mendapatkan performance yang bagus, akan tetapi jumlah RAM 4GB tersebut kini terasa kurang jika kita menginstall aplikasi grafis seperti CorelDraw, Photoshop, ataupun aplikasi video editor.

Salah satu solusi termudah untuk meningkatkan performa computer anda adalah memambah kapasitas memori RAM.  Dengan memori RAM yang besar maka kinerja computer kita akan meningkat untmanya pada saat mengeksekui program, aplikasi grafis. Untuk menambah RAM pastikan PC Anda memiliki sejumlah 'slot' RAM di mana Anda dapat memasang RAM. Untuk menentukan jenis memori yang digunakan mesin Anda, buka Task Manager (Ctrl + Alt + Del), lalu klik “Performance”. Sistem akan menampilkan slot memori yang digunakan serta jenis penggunaannya misalnya DDR4.

Memasang chip RAM baru cukup sederhana. Jika Anda melakukannya sendiri, gunakan tali pergelangan anti-statis untuk mencegah kerusakan pada komponen yang halus. Atau banyak toko reparasi PC akan senang melakukan upgrade perangkat keras untuk Anda, dengan biaya kecil.

Gunakan SSD

SSD (Solid State Drives) menggunakan memori NAND Flash, jenis yang sama ditemukan di USB stick. Yang memungkinkan untuk akses penyimpanan dan waktu penulisan yang lebih cepat jika dibandingkan dengan hard drive mekanis tradisional yang menggunakan disk magnet.

SSD memang lebih mahal harganya untuk per GB jika dibandingkan dengan hard drive biasa, tetapi jika Anda bersedia membayar biaya mahal tersebut, Anda akan mendapatkan peningkatan besar pada waktu boot, waktu akses file, dan respons sistem secara keseluruhan.

Jika Anda ingin membeli SSD untuk menginstal sendiri, pastikan Anda memiliki ukuran yang tepat untuk mesin Anda (2,5" untuk perangkat portabel, dan 3,5" untuk mesin desktop).  Anda dapat menggunakan free software seperti Clonezilla untuk menyalin konten dari hard disk Anda ke SSD baru.

Jalankan System Maintenance

Windows 10 memiliki utility bawaan yang berfungsi untuk pemeliharaan sistem secara rutin seperti mendefrag hard drive, memindai pembaruan, dan memeriksa malware.  Tugas-tugas ini biasanya berjalan di latar belakang saat PC Anda tidak aktif tetapi jika Anda telah memperhatikan masalah dengan kinerja sistem, Anda dapat menjalankan system maintenance secara manual jika Anda menginginkannya.

Untuk menggunakan, buka Control Panel, pilih “System and Security” lalu pilih “Security and Maintenance”. Klik tanda panah untuk memperluas opsi Maintenace. Dari sini Anda dapat memilih “Start Maintenance”. Tutup dan simpan semua file yang terbuka sebelum melanjutkan.

Demikian informasi tentang Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 semoga bermanfaat, berikan tanggapan dan komentar anda pada kolom komentar.

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
sekedartrick.com adalah blog sederhana yang berisi berita, info, pengetahuan seputar teknologi informasi.

You Might Also Like: