Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi 8
Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi 8

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi 8


Pabrikan smartphone Xiaomi beberapa waktu lalu resmi memperkenalkan jajaran smartphone baru mereka yakni jajaran smartphone Xiaomi Mi 8.  Mi 8 menyasar kelas Mid-End, dengan dibekali dengan hardware yang handal dan tangguh. Mi 8 ditenagai Prosesor Qualcomm Snapdragon 845, ditunjang RAM 6GB serta didukung dengan Internal 64GB / 128GB / 256GB. Yang menarik dari Mi 8 selain memiliki hardware yang gahar.

Dengan spesifikasi hardware demikian gahar, tentu bagi anda yang gemar melakukan oprek dan root kurang puas dengan kinerja serta konfigurasi default Mi 8, dan ingin melakukan unlock untuk kemudian melakukan root guna mendapat kinerja yang lebih maksimal dari Mi 8.  Bootloader pada Xiaomi Mi 8 dapat dibuka dengan menggunakan Mi Unlock Tool, Tool Unlock resmi dari Xiaomi.  Xiaomi Menjadi merek yang digemari karena Xiaomi mendukung Unlock bootloader secara resmi.  Apa yang dapat kita lakukan jika bootloader terbuka adalah akan memungkinkan kita dapat memodifikasi partisi sistem sehingga memungkinkan untuk dilakukan instlasi paket-paket khusus seperti TWRP Custom Recovery, Instalasi Custom ROM dan bahkan root. Selanjutnya, setelah dibuka, kita dapat mem-flash file langsung dari mode fastboot dari perangkat Xiaomi Mi 8.
Unlock Bootloader Mi 8
Xiaomi mengubah prosedur Unlock Bootloader, dengan menggunakan tool baru, Anda dapat dengan mudah membuka bootloader Xiaomi Mi 8 Anda. Berbeda dengan metode sebelumnya membutuhkan waktu menunggu beberapa hari untuk kode yang akan dikirim untuk untuk membuka kunci.  Namun Sekarang, dengan tool baru dan langkah-langkah yang akan kami sampaikan berikut ini, Anda dapat segera membuka bootloader tanpa menunggu lama. Berikut ini sekedartrick.com memaparkan tutorial cara melakukan Unlock Bootloader pada Mi 8

Unlock Bootloader Smartphone Xiaomi

Sebelum anda melakukan unlock bootloader pada smartphone Mi 8 anda, terlebih dahulu anda harus memahmi beberapa hal berikut ini :
  • Tutorial unlocking Bootloader ini hanya untuk Xiaomi Mi 8. jangan mencoba cara ini pada varian smartphone lain.
  • Tutorial ini telah dilakukan pada Windows, lancar dan berhasil, akan tetapi anda juga dapat melakukannya pada Mac atau Linux dengan menggunakan ADB Fastboot.
  • Pastikan telah mem-backup semua data smartphone Mi 8 anda, karena unlock bootloader akan menghapus semua data smartphone anda.
  • Unlock Bootloader akan menghilangkan garansi smartphone anda.
  • Jika terjadi kerusakan pada smartphone anda bukan merupakan tanggung jawab kami.
  • Anda juga bisa membaca artikel lama kami tentang Unlock Smartphone Xiaomi
Jika anda telah memahami hal-hal tersebut anda dapat melanjutkan ketahap Cara Melakukan Unlock Bootloader Mi 8 berikut ini :
  • Langkah 1 - Masuk ke akun Mi dengan membuka url http://en.miui.com/unlock untuk mendapatkan izin membuka untuk akun Anda. Pastikan Anda telah memiliki akun yang memiliki verifikasi nomor ponsel.
  • Langkah 2 - Setelah anda berhasil masuk, klik tombol Unlock pada halaman web dan kemudian lanjutkan untuk menekan Unduh Mi Unlock dari halaman yang dihasilkan [Download Mi Unlock] dan [Download ADB Fastboot].
  • Langkah 3 - Pada Xiaomi Mi 8 Anda, aktifkan opsi Developer Option dengan cara masuk ke Menu Settings> About Phone lalu ketuk pada versi MIUI terus-menerus sampai muncul popup sebagai Developer (pengembang).
  • Langkah 4 - Dari menu Settings utama, sekarang ketuk Additional Settings> Developer Option. Telusuri ke bawah sampai Anda melihat Mi Unlock Status dan kemudian masuk dengan akun yang sama dengan yang anda gunakan untuk mengunduh Unlock Tool pada Langkah 2.
  • Langkah 5 – Pada Developer Option, aktifkan juga OEM Unlocking dan USB Debugging.
  • Langkah 6 - selanjutnya untuk masuk ke Fastboot Mode, Matikan terlebih dahulu Xiaomi Mi 8 anda kemudian nyalakan dengan menekan dan menahan tombol Volume Down dan Power secara bersamaan. Tahan sampai Anda melihat ponsel Anda boot ke mode Fastboot.
  • Langkah 7 - Hubungkan Mi 8 Anda dengan komputer Anda.
  • Langkah 8 – Ekstrack atau Unzip Mi Unlock Tool yang sudah Anda download dan buka miflash_unlock.exe atau file eksekusi yang sama namanya. (Karena setiap update versi, nama mungkin sedikit berbeda).
  • Langkah 9 - selanjutnya masuk dengan akun Mi Anda, yang sekarang harus dikonfigurasi pada smartphone Anda, dan tunggu proses verifikasi.
  • Langkah 10 - Pastikan Anda memiliki driver yang diinstal dengan mengklik ikon Gear di kanan atas yang akan membiarkan Anda melihat status utilitas yang diinstal. Jika driver tidak diinstal, lakukan sekarang dengan mengklik Install.
  • Langkah 11 - Sekarang klik Unlock Program akan memulai Unlocking bootloader dan juga anda dapat melihat persentase status secara langsung. Setelah selesai, ia akan menampilkan Status Unlocked Successfully. 

Dengan tutorial diatas seharusnya anda berhasil melakukan unlock bootloader pada smartphone Mi 8 anda, Selamat mencoba, semoga berhasil.

Semoga tutorial tentang Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi 8 bermanfaat, berikan tanggapan dan komentar anda pada kolom komentar.

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
sekedartrick.com adalah blog sederhana yang berisi berita, info, pengetahuan seputar teknologi informasi.

You Might Also Like: