--> Skip to main content

Apa itu Subnetting?

Trick-computer kali ini mengangkat judul postingan Apa itu Subnetting?, mendengar kata-kata subnetting untuk orang awam tentu akan terbayang-bayang terbawa melayang memikirkan artinya apa ya....?.  Tentu berbeda jika yang mendengar itu para administrator jaringan komputer, Subnetting adalah suatu teknik untuk memecah network menjadi beberapa subnetwork yang lebih kecil. Subnetting dapat dilakukan pada IP address kelas A, IP Address Kelas B dan IP address kelas C.
Teknik Subnetting

Dengan menggunakan Subnetting beberapa network tambahan baru, tetapi mengurang jumlah masksimum host yang ada tiap network tersebut.  Adapun tujuan dari subnetting pada dasaranya ada 3 macam :
  • Untuk efisiensi alokasi IP address dalam sebuah jaringan supaya bisa maksimal penggunaan IP address
  • Mengatas permasalahan perbedaan hardware dan media fisik yang digunakan dalam suatu network, karena Router Ip hanya dapat mengintegrasikan berbagai network dengan perangkat Physical yang berbeda-beda jika setiap network memiliki address network yang unik.
  • meningkatkan security dan mengurangi terjadinya congestion, yang diakibatkan karena terlalu banyak host. 


Untuk mempermudah pemahaman anda, Subnetting kita analogikan sebagai nama jalan, Nama jalan tersebut kita beri nama Jalan Coklat, he he meniru jalan coklat di wilayah Malang!  Kemudian di Jalan tersebut terdapat beberapa rumah bernomor 01-10 Rumah Nomor 10 Sebagai Rumahnya Pak RT, yang mempunyai tugas untuk mengumumkan setiap ada informasi yang penting ke semua warganya.  Pada suatu saat, seiring dengan perkembangan zaman, Jalan Coklat tersebut memiliki rumah yang semakin banyak dan padat, hal tersebut sudah barang tentu akan menimbulkan keruwetan dan kemacetan, sehingga perlu diatur lagi, maka dibuatlah Jalan kecil atau gang, dan masing - masing gang punya Ketua RT sendiri, sehingga dapat mengurai kemacetan, efisiensi dan optimalisasi transportasi.  Konsep seperti inilah yang diimplementasikan di Subnetting itu.  

Nama jalan tadi analogi dari Network Address, Sedangkan nomor rumah analogi dari Host Address, dan Ketua RT analogi dari Broadcast Address.  Hasil Pemekaran jalan/gang disebut Subnet, masing subnet mempunyai Host address dan Broadcast Address sendiri-sendiri.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar