--> Skip to main content

Download Android Studio 3.1


Android Studio adalah IDE pemrograman Android resmi dari Google yang dikembangkan dari IntelliJ. Sebelum ada Android Studio, programmer Android telah menggunakan Eclipse. Eclipse adalah IDE pemrograman Android sebelum munculnya Android Studio. Bisa dibilang Google telah berpaling dari Eclipse dan menjadikan Android Studio sebagai IDE resminya.

Dikembangkan di atas IntelliJ IDEA besutan JetBrains, Android Studio dirancang khusus untuk developers Android. IDE Ini tersedia untuk digunakan pada sistem operasi Windows, Mac OS X dan Linux.
Download Android Studio 3.1

Developers sekarang dapat mengunduh Android Studio 3.1 untuk komputer mereka, karena Google telah merilis build baru ke jalur stabil.  Sebulan yang lalu, Google memperkenalkan Android Studio 3.1 Beta yang hadir dengan mengussung perbaikan penting dan fitur baru.  Ketika Google telah menyelesaikan pengujiannya, Android Studio 3.1 berhasil dirilis ke saluran Stabil, yang berarti, setiap pengguna dapat memperbaruinya tanpa kehilangan proyek saat ini. Perubahan yang ada pada versi baru ini cukup banyak jumlahnya, Dinataranya : perbaikan dengan Kotlin, alat debugging yang lebih baik dan perbaikan emulator.  Anda dapat mengunduh Android Studio 3.1 secara langsung atau memilih melakukan update instalasi Anda saat ini untuk menggunakan semua fitur baru.

Pencapaian hit 3.0 hanya beberapa bulan kembali dan di sini kita memiliki Google menyempurnakan pengalaman keseluruhan. Perubahan baru termasuk profiler C ++ yang memungkinkan Anda untuk menguji kinerja aplikasi Anda, waktu boot yang lebih cepat untuk emulator dan juga, dukungan untuk mode tanpa bingkai yang memungkinkan Anda menguji aplikasi Anda pada tampilan 18: 9 modern bersama dengan potongan tampilan (Takik). Kami akan membahas berbagai fitur baru secara mendalam di depan.  

Feature Android Studio 3.1

Di sini kami telah menyematkan fitur utama yang dibawa oleh Android Studio 3.1. Anda dapat segera memanfaatkan semuanya setelah Anda menyelesaikan prosedur instalasi. 

Compiler DEX baru

Secara default, Android Studio 3.1 menggunakan kompiler DEX baru yang disebut D8, yang diumumkan di Blog Pengembang Android.
Kompilasi DEX adalah proses transformasi .class bytecode menjadi .dex bytecode untuk Android Runtime (atau Dalvik, untuk versi Android yang lebih lama). Dibandingkan dengan kompiler saat ini, yang disebut DX, D8 mengkompilasi lebih cepat dan menghasilkan file DEX yang lebih kecil, semua saat memiliki kinerja runtime aplikasi yang sama atau lebih baik. 

Pembaruan untuk Profiler Android

Bergantung pada versi Preview yang Anda gunakan, Android Studio 3.1 menyertakan pembaruan berikut untuk Profiler Android.

Contoh proses asli dengan Profiler CPU

Profiler CPU kini menyertakan konfigurasi default untuk merekam jejak sampel untaian asli aplikasi Anda. Anda dapat menggunakan konfigurasi ini dengan menerapkan aplikasi Anda ke perangkat yang menjalankan Android 8.0 (API level 26) atau lebih tinggi dan kemudian memilih Sampel (Bawaan) dari menu dropdown konfigurasi widget profil CPU. Setelah itu, catat dan periksa jejak seperti biasa.

Ingat, Anda dapat mengubah pengaturan default, seperti interval sampling, dengan membuat konfigurasi perekaman. Untuk beralih kembali ke penelusuran utas Java Anda, pilih konfigurasi Sampel (Java) atau Instrumentasi (Java).

Filter jejak CPU dan hasil alokasi memori

Saat menggunakan Android Studio 3.1 Canary 6 atau lebih tinggi, Profiler CPU dan Profiler Memori menyertakan fitur pencarian yang memungkinkan Anda untuk memfilter hasil dari pencatatan jejak metode, alokasi memori, atau tumpukan sampah. 

Pembaruan ke Lint

Saat Anda menjalankan lint dari baris perintah, lint sekarang juga menganalisis kelas Kotlin Anda. 

Pembaruan untuk Emulator

Quick Boot memungkinkan Anda untuk melanjutkan sesi Android Emulator Anda dalam waktu kurang dari 6 detik. Waktu mulai lambat pada Android Emulator adalah titik nyeri utama yang kami dengar dari Anda dan Quick Boot memecahkan masalah ini. Seperti perangkat Android fisik, emulator harus melakukan boot dingin awal, tetapi mulai berikutnya cepat. Fitur ini diaktifkan secara default untuk semua Perangkat Virtual Android. Selain itu, dalam rilis ini, Anda memiliki kontrol butir yang lebih halus tentang kapan menggunakan Quick Boot dan kemampuan untuk menyimpan status boot cepat sesuai permintaan di bawah halaman pengaturan emulator.

System Requirement

Android Studio on Windows

  • Microsoft® Windows® 7/8/10 (32- or 64-bit)
  • 3 GB RAM minimum, 8 GB RAM recommended; plus 1 GB for the Android Emulator
  • 2 GB of available disk space minimum,
  • 4 GB Recommended (500 MB for IDE + 1.5 GB for Android SDK and emulator system image)
  • 1280 x 800 minimum screen resolution
  • For accelerated emulator: Intel® processor with support for Intel® VT-x, Intel® EM64T (Intel® 64), and Execute Disable (XD) Bit functionality 

Android Studio on Mac 

  • Mac® OS X® 10.10 (Yosemite) or higher, up to 10.12 (macOS Sierra)
  • 3 GB RAM minimum, 8 GB RAM recommended; plus 1 GB for the Android Emulator
  • 2 GB of available disk space minimum,
  • 4 GB Recommended (500 MB for IDE + 1.5 GB for Android SDK and emulator system image)
  • 1280 x 800 minimum screen resolution 

Android Studio on Linux

  • GNOME or KDE desktopTested on Ubuntu® 14.04 LTS, Trusty Tahr (64-bit distribution capable of running 32-bit applications)
  • 64-bit distribution capable of running 32-bit applications
  • GNU C Library (glibc) 2.19 or later
  • 3 GB RAM minimum, 8 GB RAM recommended; plus 1 GB for the Android Emulator
  • 2 GB of available disk space minimum,
  • 4 GB Recommended (500 MB for IDE + 1.5 GB for Android SDK and emulator system image)
  • 1280 x 800 minimum screen resolution
  • For accelerated emulator: Intel® processor with support for Intel® VT-x, Intel® EM64T (Intel® 64), and Execute Disable (XD) Bit functionality, or AMD processor with support for AMD Virtualization™ (AMD-V™)



Download Android Studio 3.1

Semoga informasi tentang Android Studio 3.1 bermanfaat, berikan tanggapan dan komentar anda.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar