--> Skip to main content

Cara Install Chrome OS Support Google Play Store di Laptop Jadul

Chrome OS adalah system operasi Desktop besutan Google, perlahan tapi pasti ChromeOS mulai masuk pasar desktop bersaing dengan Microsoft dengan Windows 10.  Chrome OS dikembangkan menggunakan basis Linux, pertama kali di rilis pada tahun 2010 untuk versi stabilnya, Berkerja secara eklusif dengan mengandalkan aplikasi web dari OS tersebut.

Install ChromeOS pada Laptop Lama

Chrome OS memiliki interface yang persis dengan Chrome browser, saat kita menggunakan Chrome Browser maka seperti itulah Chrome OS, jadi Ketika anda terbiasa menggunakan Chrome Browser maka akan tidak asing jika menggunakan Chrome OS.

Chrome OS dapat dijalankan hanya di hadware yang di rancang khusus oleh perusahaan google dan dapat di gunakan di Chrome book yang di luncurkan oleh beberapa brand Netbok terkenal seperti DELL, ASUS, ACER dan masih banyak lagi.  Sehingga untuk pengguna umum yang ingin mencoba Chrome OS harus melakukan beberapa cara atau teknis agar dapat install Chrome OS yang sudah support Google Play Store.

Merujuk pada pengalaman kami yang pertama pada saat melakukan instalasi langsung download Iso Chrome OS, pengguna umum hanya dapat menggunakan versi home, yang tidak support Google Play Store kemungkinan masuk ke Canary Channel.  Berikut ini sekedartrick.com akan memberikan Panduan melakukan instalasi Chrome OS di Laptop Lama yang support Google Play Store.

Download Chrome OS

Sebelum melangkah ke cara Instalasi Chrome OS, terlebih dahulu anda harus menyiapkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan diantaranya, Linux Mint Cinnamon, Rufus, Chrome OS Recovery Image, Brunch, Install.sh script, link download dibawah ini :

Download Linux Mint

Download Rufus

Download Chrome OS Recovery Image and Brunch Download

Script.sh 


Cara Install Chrome OS

Step 1 - Membuat Bootable Linux Mint menggunakan rufus.

Setelah berhasil melakukan download file diatas, langkah selanjutnya adalah membuat bootable usb flash drive, siapkan USB Flash Drive dengan kapasitas Minimal 16GB, 

  • Jalankan rufus.dengan cara klik kanan pilih "Run As Administrator".
  • Setelah rufus terbuka pilih Boot Selection pada "Disk or Iso Image" kemudian klik Select pilih file iso Linux Mint Cinnamon.

  • Kemudian pada Partition Sheme pilih "GPT" dan Target System "UEFI (Non CSM)" jika laptop anda masih belum support UEFI pada Partition Scheme pilih "MBR" dan Target System "BIOS or UEFI"
  • Kemudian Klik Start dan Tunggu Proses Sampai selesai
  • Setelah Bootable Linux Mint selesai Buat Folder deng nama "Chrome OS" 
  • Kemudian Extract Chrome OS Image Recovery dan Brunch kemudian ubah nama file Chrome OS recovery menjadi "Rammus_Recovery.bin" dan copy ke Folder "Chrome OS"
  • Copy Folder "Chrome OS" ke Bootable Linux Mint

Step 2 - Install Chrome OS Menggunakan Linux Mint

  • Booting komputer menggunakan USB Flash disk linux mint dengan cara tekan tombol F9 (tergantung merk laptop), kemudian pilih "Flash disk linux mint "UEFI".
  • Tunggu sampai muncul desktop Linux Mint, Kemudian koneksikan ke Wifi
  • Kemudian Buka Folder Home - File System - Cari Folder "Chrome OS" dengan ketikan pada jendela pencarian
  • Setelah Folder "Chrome OS" terbuka klik kanan Open With Terminal.
  • Kemudian Ketikan baris perintah berikut ini :

sudo apt-get update

sudo apt-get install figlet

sudo apt-get install pv

sudo apt-get install cgpt

sudo bash chromeos-install.sh -src rammus_recovery.bin -dst /dev/sda

setelah berhasil, silahkan restart laptop anda, dan tunggu proses instalasi sampai selesai, serta setup step-by-step instalasinya yang mirip dengan penggunaan awal smartphone android.


Semoga informasi tentang Cara Install Chrome OS Support Google Play Store di Laptop Jadul bermanfaat, berikan tanggapan dan komentar anda pada kolom komentar.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar