--> Skip to main content

Fitur Baru Windows 11 22H2

Microsoft akan segera merilis Windows 11 22H2, menurut informasi Microsoft akan merilis versi final pada tanggal : 20 September 2022 mendatang.  sebelum kita mencoba versi baru tersebut, ada baiknya kita mengenal dulu, apa saja fitur baru yang ada di Windows 11 22H2, dan apakah Windows 11 22H2 lebih keren dari pendahulunya?

Windows 11 22H2

1. Fitur pertama dari Windows 11 22H2 adalah Peningkatan di Start Menu.


Drag and Drop

Microsoft memberikan upgrade pada Start Menu dan Taskbar di Windows 11 22H2, dimana salah satunya adalah fitur drag and drop di Taskbar yang telah dikembalikan, tentunya dengan fitur ini anda bisa melakukan pin aplikasi dengan cepat ke Taskbar, seperti halnya pada era Windows 7, 8 dan 10.

Pin and Recommendations

Start Menu hadir dengan sejumlah opsi kustomisasi tambahan, Pin and recomendasi. Dengan peningkatan ini pengguna dapat melakukan pin aplikasi yang lebih banyak, atau melihat lebih banyak recommendations di start menu. Pengaturan ini dapat anda lakukan pada halaman Settings > Personalization > Start.

Start Menu Folder

Sebagaimana pendahulunya, kini di Windows 11 22H2 anda juga bisa menggabungkan sejumlah aplikasi kedalam satu Pin aplikasi dalam bentuk folder lo, hal itu akan memudahkan anda untuk mengatur aplikasi sesuai dengan bagiannya masing masing atau sesuai dengan kebutuhan kita.

Gesture Baru

Kini para pengguna perangkat touchscreen akan mendapati sejumlah gesture baru di Windows 11 22H2, yang mencakup:

  • Swipe up & Down dari Taskbar untuk membuka atau menutup Start Menu.
  • Swipe Left & Right pada Start Menu untuk mengganti bagian dari pinned apps ke list semua program.
  • Swipe up dan Down pada pojok kanan bawah layar untuk membua dan menutup quick settings.

Sayangnya gesture baru masih support perangkat yang terbatas


Share this Windows – Fitur Khusus Microsoft Teams

Untuk pengguna Microsoft Teams, pada saat anda melakukan video conference, anda bisa dengan cepat membagikan jendela aplikasi kamu langsung dari Taskbar, cukup arahkan saja cursor ke aplikasi yang ingin ditampilkan di share screen Microsoft Teams > kemudian klik Share this window.


2. Peningkatan Quick Settings Untuk Bluetooth

Di Windows 11 22H2, dapat mengkoneksikan Bluetooth device dengan mudah dan cepat dari Quick Settings tanpa harus masuk ke halaman Settings utama, cukup buka Quick Settings > klik tanda (>) pada bagian Bluetooth dan langsung koneksikan perangkat yang ingin kamu hubungkan.


UI Task Manager

Nah selain Dark Mode, tampilan Task Manager ini membawa banyak perubahan besar, meski memang semua fitur yang dihadirkan masih sama persis seperti sebelumnya, misalkan bagian Processes, Performance, App history, Startup Apps, User, Details dan Services. Semuanya masih memiliki fungsi dan fitur yang sama.

Yang membedakan mungkin adalah kini opsi Tab yang menjadi menu menu tersebut kini dialihkan menjadi dibagian sisi kanan Task Manager (vertical tab) dengan Icon yang lebih menonjol. Jika kita klik Navigations Menu pada Task Manager, tombol tersebut akan menampilkan nama dari setiap menu tersebut.

Untuk menu Settings sendiri, hampir semuanya sama seperti yang ada di Task Manager lama, dimana kita bisa mengatur Always on top, update speed, default start page, dan lainnya.


Peningkatan pada Settings App

Seperti halnya dengan setiap versi baru Windows, Microsoft telah menambahkan beberapa halaman pengaturan baru ke Settings App. pada halaman Microsoft Accoun baru di area Akun, memberikan gambaran umum tentang langganan Microsoft 365 Anda, dengan akses cepat ke Settings dan layanan online lainnya. Ada juga halaman Family Safety baru di area yang sama, yang dirancang untuk menyediakan akses cepat ke semua opsi Family Safety jika Anda menggunakan layanan itu.


3. Peningkatan File Explorer dan Window Management

Selain peningkatan pada bagian Taskbar dan Start Menu, bagian File Explorer juga mendapatkan sejumlah peningkatan loh, dimana itu mencakup:

Tab di File Explorer

Salah satu update mayor pada file explorer adalah penambahan Tabs, Tab pada file explorer adalah fitur yang berfungsi untuk membuka tab baru dan bahkan banyak tab dalam satu jendela file explorer, layaknya di browser. Jadi, tidak perlu lagi membuka window atau jendela file explorer baru untuk melihat file atau folder lainnya di file explorer

Pin Files di Favorites

Nah selain ada Quick Access, kini juga ada opsi Favorites dibagian home > File Explorer, dimana berbeda dengan Quick Access yang bisa melakukan pin Folder saja, makan di Favorites justru sebaliknya, dimana anda dapat pin Files di bagian Home File Explorer.

Folder Preview

Setelah Microsoft menghilangkan tampilan Folder Preview di Windows 11 21H2, maka pada versi ini opsi tersebut dikembalikan, dimana pengguna bisa melihat isi folder dalam bentun preview, sama halnya di Windows 7, 8 dan 10.

Integrasi OneDrive Yang lebih Baik

Kini OneDrive diintegrasikan langsung pada File Explorer dengan lebih baik, dimana anda bisa melihat berapa banyak storage onedrive tersisa, sync status, dan lainnya.

Copy Path Dengan Shortcut Baru

Jika anda terbiasa melakukan copy path dari sebuah file atau folder, maka anda sekarang bisa lebih cepat melakukannya dengan menggunakan tombol kombinasi Ctrl + Shift + C pada file atau folder yang ingin path nya di salin.

4. Peningkatan Snap Layout

Pada anda melakukan drag and drop sebuah jendela aplikasi, kini Snap Layout akan muncul dalam bentuk bar kecil pada bagian atas layar, dimana anda bisa langsung memilih layout yang ingin kamu gunakan. Opsi ini adalah opsi alternatif pengguna keyboard shortcut Win + Z. Manakah yang kamu suka?

5. Peningkatan selanjunya adalah Perubahan UI Tambahan Lainnya

kini di Windows 11 22H2, tampilan slider untuk volume, brightness dan lainnya menjadi lebih simpel dengan gaya Windows 11, bukan lagi gaya Windows 8 yang lebih kotak.

Selain itu, anda dapat menggunakan Windows Spotlight sebagai Desktop Wallpaper, selanjutnya ada juga Voice Access di Accesibility, dukungan AirPods, Efficiency Mode di Task Manager dan beberapa peningkatan minor lainnya. Juga ada Update UI baru dari Windows Shell yang menjadikan tampilannya menjadi lebih fresh modern dan elegant dengan gaya Windows 11 banget. 

Nah itu sedikit gambaran dari fitur baru Windows 11 22H2 yang saat ini ada di Build 22621 (Insider Beta dan Insider Release Preview Channel), jika dibandingkan dengan Windows 11 generasi pertama, versi ini menurut saya jauh lebih baik dan sangat direkomendasikan untuk pengguna coba dan install. Namun dengan catatan bahwa perangkatnya sudah cukup handal untuk menjalankan Windows 11 yang lumayan berat ini.

Semoga informasi tentang Fitur Baru Windows 11 22H2 bermanfaat, berikan tanggapan dan komentar anda pada kolom komentar dibawah ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar