--> Skip to main content

Mengaktifkan dan menonaktifkan Archive Apps di Windows 10

Baru baru ini Microsoft memperkenalkan feature baru untuk Windows 10, yakni Archive Apps.  Archive Apps adalah Aplikasi untuk menghemat ruang penyimpanan dan bandwidth internet dengan menempatkan aplikasi yang jarang digunakan ke dalam arsip.  fitur ini pertama kali diperkenalkan di Windows 10 build 20201.

Archive Apps


Archive App tersedia mulai Windows 10 Build 20201, Adapun Log perubahan resmi tidak menyebutkan kehadirannya,  tetapi opsi ini dapat ditemukan di pada menu Settings > Apps > Apps and Features.  Opsi ini diaktifkan secara default, dan untuk sementara hanya berfungsi untuk aplikasi dari Microsoft Store.

Ketika opsi Archive diaktifkan, maka OS akan secara otomatis "mengarsipkan" (yaitu menghapus) aplikasi yang tidak sering atau jarang digunakan untuk membebaskan ruang dan bandwidth Internet.  Archive App ini tidak akan menghapus file dan data lain yang disimpan secara lokal atau di cloud.  Selain itu anda juga bisa menggunakan aplikasi yang diarsipkan,  aplikasi tersebut akan diunduh dan diinstal sesuai permintaan, hal Ini hanya berfungsi jika aplikasi tersebut bersumber dari Microsoft store.

Cara Mengaktifkan dan menonaktifkan Archive Apps

  • Bukan Settings Menu
  • Kemudian navigasi dan Klik App > Apps and Features
  • Kemudian pada sebelah kanan cari opsi Archive Apps
  • Archive Apps secara default aktif, untuk menonaktifkan klik pada Toggle On/Off
  • Dan konfigurasi selesai

Selanjutnya jika anda menginginkan dan memilih aplikasi mana saja yang kemungkinan akan anda archive kan dapat mengikuti Aplikasi yang disarankan untuk diarsipkan di Windows 10, anda harus memilih opsi “See cleanup recommendations” yang akan hadir di Settings > System > Storage.

Enable Archive Apps

Sebagai tambahan Feature semacam ini tidak hanya terdapat pada Windows 10 saja, akan tetapi dapat anda jumpai pada Sistem Operasi lainnya, misalnya saja Apple yang sudah memberikan feature semacam ini pada iOS, dengan menghapus app yang tidak terpakai dan menginstalnya sesuai permintaan.

Semoga tutorial tentang Mengaktifkan dan menonaktifkan Archive Apps di Windows 10 bermanfaat, berikan tanggapan dan komentar anda pada kolom komentar dibawah ini.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar