--> Skip to main content

Cara Menambahkan Menu Run In Sandbox di Context Menu Windows 10


Windows Sandbox adalah sebuah aplikasi yang ada di Windows 10, dikembangkan dengan menggunakan teknologi Windows Container dimana dapat menciptakan sebuah lingkungan desktop sementara yang terisolasi. Aplikasi yang di install pada Windows Sandbox tidak akan mempengaruhi host/PC anda. Setelah Windows Sandbox ditutup, semua perangkat lunak dengan semua file dan kondisinya akan dihapus secara permanen.

Tentu dengan Hadirnya Windows Sandbox cukup membantu para developer untuk mencoba aplikasi tidak resmi yang kemungkinan membawa dampak buruk pada sistem operasi. Walaupun di instal dalam lingkungan yang sama sebenarnya Windows Sandbox menjalankan aplikasi yang di instal pada ruang yang berbeda. 

Perlu anda ketahui bahwa Windows Sandbox memiliki property atau bagian-bagian sebagai berikut :
  • Part of Windows - segala sesuatu yang diperlukan untuk fitur ini kapal dengan Windows 10 Pro dan Enterprise. Tidak perlu men-download VHD.
  • Pristine - setiap kali Windows Sandbox berjalan, itu  sebersih instalasi baru Windows
  • Disposable - tidak ada yang tetap pada perangkat; semuanya dibuang setelah Anda menutup aplikasi
  • Secure - menggunakan virtualisasi berbasis perangkat keras untuk isolasi kernel, yang bergantung pada hypervisor Microsoft untuk menjalankan kernel terpisah yang mengisolasi Windows Sandbox dari host
  • Eficient – menggunakan Penjadwal kernel terintegrasi, manajemen smart memori, dan GPU virtual

Apa Itu Run in Sandbox

Sebagaimana kita ketahui bahwa Windows Sandbox masih terdapat banyak kekurang dan kelemahan sehingga sampai saat ini Microsoft masih terus berjuang untuk menyempurnakannya, salah satu kelemahan tersebut adalah pada saat kita berada pada Host PC kita tidak menemukan menu pada saat melakukan klik kanan (Context Menu), yang dapat membantu kita mempercepat akses ke Windows Sandbox.

Namun seiring berjalanya waktu dengan memanfaatkan project Github kita dapat menambakan Context menu sendiri, yang berfungsi menambahkan option menu “Run in Sandbox” pada saat kita melakukan klik kanan.

Perangkat lunak Run in Sandbox menambahkan perintah baru ke menu konteks file Explorer untuk sejumlah  ekstensi file. Setelah menginstalnya, semua yang perlu Anda lakukan adalah klik kanan pada jenis file yang didukung dan pilih “Run in Sandbox” dari menu.

Aplikasi ini sebenarnya adalah skrip PowerShell, dan tidak perlu melakukan isntalasi dan mengaktifkan fitur Windows Sandbox secara otomatis.  Berikut ini adalah cara mengaktifkan Run in Sandbox di Context Menu

Cara Menambahkan Menu “Run in Sandbox” di Context Menu

  • Download Github Project “Run-In-Sandbox” [Download disini]
  • Unblock File Download (kadang-kadang dikenali sebagai malware)
  • Extract File Github Project
  • Atur Bahasa sesuai keinginan anda (secara default menggunakan French language :fr-fr), dengan cara buka file hasil download Run in Sandbox kemudian buka : Sources\Run_in_Sandbox\Sandbox_Config.xml, kemudian ubah main langugenya, contoh English Language “en-en”
  • Buka File Extract Run in Sandbox, kemudian klik File > Open Windows PowerShell > Open Windows PowerShell as Administrator di File Explorer
  • Kemudian Ketikan perintah berikut ini PowerShell prompt kemudian tekan "Y"
  1. Set-ExecutionPolicy Unrestricted
  2. .\Add_Structure.ps1
  3. Set-ExecutionPolicy AllSigned
  • Selanjutnya silahkan anda cari file executable (ektensi exe “*.exe"), klik kanan pada file tersebut, maka anda akan mendapati Run in sandbox pada Context Menu
  • Dengan cara ini anda akan mendapatkan aplikasi yang dipilih berjalan di Sandbox dengan satu kali klik.
  • Semoga berhasil selamat mencoba.
Semoga Informasi tentang Cara Menambahkan Menu Run In Sandbox di Context Menu Windows 10 bermanfaat, berikan komentar anda pada kolom komentar dibawah ini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar