--> Skip to main content

Microsoft Tendang Control Panel Dari Windows 10?

Contol Panel adalah aplikasi yang dikemas dengan alat (applet) yang memungkinkan Anda mengonfigurasi dan mengelola cara kerja OS. Control Panel memiliki banyak Tools dan Microsoft berencana untuk mulai mengalihkan beberapa applet ke Settings App untuk memudahkan pengguna menemukan alat yang Anda butuhkan untuk tugas tertentu di satu tempat.


Sejak Rilis Windows 10 Build 20180 Microsoft mulai memindahkan Feature Disk Management Tool ke Settings App, dan kemudian disusul dengan rilis Windows 10 build 2011 yang membawa feature ke Settings App, perlahan tapi pasti langkah tersebut tampaknya mulai Tampak  jelas, yakni Microsoft berencana menendang Control Panel dari Windows 10. 

Informasi terbaru yang kami kutip dari laman Windows Latest, Microsoft kini dilaporkan segera memindahkan Classic Programs and Features yang mungkin masih sering diakses pengguna ke Settings App.  Microsoft mulai menguji fitur bernama “RedirectProgramsAndFeatures” dimana memungkinkan system melakukan redirect Windows Classic Programs and Features ke Settings App.

“According to a quick scan of Microsoft Program Database (PDB) files in Build 20211, Microsoft is testing a flag called “RedirectProgramsAndFeatures” that will redirect the following window to the Settings app.”

Sebagai Langkah awal migrasi Program and Feature dari Control Panel ke Settings App, pada saat pengguna melakukan klik pada Program and Features yang berada di Control Panel > Program, maka akan langsung melakukan redirect ke Settings > Apps & Features.



Dengan perubahan ini, tampaknya Microsoft memutuskan serius tentang pengalaman pengaturan sistem terpadu pada Windows 10 yang akhirnya akan menghilangkan Control Panel dan beralih sepenuhnya ke Setings App.  Dengan Langkah ini juga akan mempertegas posisi Windows 10, dimana sejak dirilisnya Windows 7 sampai dengan Windows 10 tetap ada anggapan dari kompetitor Microsoft, yang menyebutkan bahwa Windows 10 adalah Windows XP yang hanya ganti interface saja.

Feature Lain yang Mengalami Perubahan

Selain melakukan perubahan pada Program and Feature, Microsoft tampaknya juga sedang mengerjakan beberapa fitur baru untuk halaman Apps & Features di Pengaturan.  Salah satunya, feature tersebut adalah App Manager, kemampuan untuk Force Close Aplikasi, dan fitur lainnya. 



Dengan App Manager memungkinkan Anda mengelola proses yang sedang berjalan dan menawarkan rekomendasi untuk mematikan program intensif sumber daya, seperti Google Chrome.  Feature ini sama seperti Task Manager, yang dapat memberi Anda kemampuan untuk melakukan Force Close, Microsoft saat ini sedang menguji Tools ini dalam build internal.  Yang jelas dengan adanya kabar ini bisa dikatakan kedepan anda tidak akan lagi menemukan Control Panel di Windows 10.


Semoga informasi tentang Microsoft Tendang Control Panel Dari Windows 10? bermanfaat, berikan tanggapan dan komentar anda pada kolom komentar dibawah ini.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar